Rekayasa Perangkat Lunak

Tujuan Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak

Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak bertujuan untuk :

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik
  2. Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab
  3. Mendidik peserta didik agar dapat menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan pengetahuan dan seni
  4. Mendidik peserta didik dengan keahlian dan ketrampilan dalam kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi pekerjaan yang ada di DU/DI sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
  5. Mendidik Peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak.
  6. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

 

Deskripsi KKNI Level 2 Rekayasa Perangkat Lunak

Sesuai dengan ideologi negara dan budaya bangsa Indonesia, implementasi sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap jenjang kualifikasi pada KKNI ( Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia ) mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
  3. Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

Level 1

  1. Mampu melaksanakan tugas sederhana, terbatas, bersifat rutin, denganmenggunakan alat, aturan, dan proses yang telah ditetapkan, serta di bawah bimbingan, pengawasan, dan tanggung jawab atasannya.
  2. Memiliki pengetahuan faktual.
  3. Bertanggung jawab atas pekerjaan sendiri dan tidak bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain.

Level 2

  1. Mampu melaksanakan satu tugas spesifik, dengan menggunakan alat, dan informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan, serta menunjukkan kinerja dengan mutu yang terukur, di bawah pengawasan langsung atasannya.
  2. Memiliki pengetahuan operasional dasar danpengetahuan faktual bidang kerja yang spesifik, sehingga mampumemilih pemecahan yang tersedia terhadap masalah yang lazim timbul.
  3. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab membimbing orang lain.

Level 3

  1. Mampu melaksanakan serangkaian tugas spesifik, dengan menerjemahkan informasi dan menggunakan alat, berdasarkan sejumlah pilihan prosedur kerja,serta mampu menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur, yang sebagian merupakan hasil kerja sendiri dengan pengawasan tidak langsung.
  2. Memiliki pengetahuan operasional yang lengkap, prinsip-prinsip serta konsep umum yang terkait dengan fakta bidang keahlian tertentu, sehinggamampumenyelesaikanberbagai masalah yang lazim dengan metode yang sesuai.
  3. Mampu bekerja sama dan melakukan komunikasi dalam lingkup kerjanya.
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas kuantitas dan mutu hasil kerja orang lain.

Skema KKNI Level II pada kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak dapat dicapai melalui pendekatan klaster dan harus dicapai dalam 3 (dua) tahun. Klaster yang digunakan adalah sebagai berikut:

Pemrograman Dasar

NO. KODE UNIT JUDUL UNIT
KOMPETENSI UMUM DAN INTI
1 LOG.0001.002.01 Menerapkan    prinsip-prinsip     keselamatan   dan kesehatan  kerja di lingkungan   keria
2 LOG.0001.004.01 Merencanakan   tugas rutin
3 TIK.OP01.002.01 Mengidentifikasi aspek kode etik dan HAKI dibidang TIK
KOMPETENSI PILIHAN / FUNGSIONAL
4. J.620100.004.02 Menggunakan   Struktur  Data
5. J.620100.005.02 Mengimplementasikan     User  Interface
6. J.620100.011.01 Melakukan  lnstalasi   Software  Tools  Pemrograman
7. J.620100.012.01 Melakukan   Pengaturan  Software  Tools  Pemrograman
8. J.620100.017.01 Mengimplementasikan    Pemrograman    Terstruktur
9. J.620100.022.02 Mengimplementasikan     Algoritma  Pemrograman
10. J.620100.025.02 Melakukan  Debugging

Pemrograman Web

NO. KODE UNIT JUDUL UNIT
KOMPETENSI UMUM DAN INTI
1. LOG.0001.001.01  Melakukan Komunikasi Kerja timbal balik
2. LOG 0001.002.01  prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan kerja
3. LOG.0001 .004.01  Merencanakan tugas rutin
4. LOG.0002.003.01  Melakukan Pekerjaan Yang Membutuhkan Kerjasama Tim
5. TIK.OP01.002.01 Mengidentifikasi aspek kode etik dan HAKI dibidang TIK
KOMPETENSI PILIHAN / FUNGSIONAL
6. J.620100.004.02 Menggunakan Struktur Data
7. J.620100.005.02 Mengimplementasikan User Interface
8. J.620100.007.01 Mengimplementasikan Rancangan Entitas dan Keterkaitan Antar Entitas
9. J.620100.009.01 Menggunakan Spesifikasi Program
10. J.620100.012.01 Melakukan Pengaturan Software Tools Pemrograman
11. J.620100.017.01 Mengimplementasikan  Pemrograman Terstruktur
12. J.620100.020.02 Menggunakan  SQL

Pemrograman Berorientasi Obyek

NO. KODE UNIT JUDUL UNIT
KOMPETENSI UMUM DAN INTI
1. LOG.0001.001.01  Melakukan Komunikasi Kerja timbal balik
2. LOG.0001.002.01  prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan kerja
3. TIK.OP01.002.01 Mengidentifikasi aspek kode etik dan HAKI dibidang TIK
KOMPETENSI PILIHAN / FUNGSIONAL
4. J.620100.005.02 Mengimplementasikan User Interface
5. J 620100.010.01 Menerapkan Perintah Eksekusi Bahasa, Pemrograman Berbasis Teks, Grafik, dan Multimedia
6. J.620100.012.01 Melakukan Pengaturan Software Tools Pemrograman
7. J.620100.018.02 Mengimplementasikan Pemrograman Berorientasi Objek
8. J.620100.020.02 Menggunakan SQL
9. J.620100.023.02 Membuat Dokumen Kode Program
10. J.620100.030.02 Menerapkan Pemrograman Multimedia
11. J.620100.033.02 Melaksanakan Pengujian Unit Program
12. J.620100.042.01 Melaksanakan Konfigurasi Perangkat Lunak Sesuai Environment, Development, Staging, Production
13. J.620100.046.01 Melakukan Logging Aplikasi

Standar Kompetensi Lulusan Rekayasa Perangkat Lunak

Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan. Standar Kompetensi Lulusan Kompetensi Keahlian pada Kurikulum SMK Negeri 1 Wonosobo mengacu pada tuntutan DUDI yaitu disiplin, jujur, kompetensi keahlian yang harus dikuasai oleh peserta didik sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). 

Standar Kompetensi Lulusan Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

No Standar Kompetensi Lulusan Kemampuan Lulusan
1 Pemodelan Perangkat Lunak Memahami prosedur perancangan aplikasi perangkat lunak dengan pendekatan Pemrograman Berorientasi Objek
Menerapkan prosedur perancangan aplikasi perangkat lunak dengan pendekatan Pemrograman Berorientasi Objek
2 Basis Data Memahami perancangan, implementasi, dan operasi basis data relasional dengan DBMS Client Server
Menerapakan perancangan, implementasi, dan operasi basis data relasional dengan DBMS Client Server
3 Pemrograman Berorientasi Objek Memahami konsep dan implementasi Pemrograman Berorientasi Objek dengan menggunakan JAVA
Menerapkan konsep dan implementasi Pemrograman Berorientasi Objek dengan menggunakan JAVA
4 Pemrograman Web dan Perangkat bergerak Memahami konsep dan implementasi pembuatan sebuah aplikasi perangkat lunak berbasis Web (PHP) dan Perangkat Bergerak (Android)
Mengimplementasikan konsep dan implementasi pembuatan sebuah aplikasi perangkat lunak berbasis Web (PHP) dan Perangkat Bergerak (Android)
5 Produk Kreatif  Merancang sebuah proyek usaha perangkat lunak mulai tahap perancangan sampai distribusi/ pemasaran
Mengimplementasikan sebuah proyek usaha perangkat lunak mulai tahap perancangan sampai distribusi/ pemasaran

Profil Lulusan

Profil Manusia Indonesia menurut tujuan pendidikan antara lain : beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,demokratis serta bertanggung jawab.

Profil Manusia Indonesia menurut kecakapan hidup :

  1. Memiliki kesadaran diri sebagai hamba Tuhan, makhluk sosial dan makhluk lingkungan. 
  2. Memiliki kecakapan berfikir dalam menggali informasi, mengolah informasi dan mengambil keputusan dengan cerdas, memecahkan masalah secara arif dan kreatif.
  3. Memiliki kecakapan dalam berkomunikasi, antara lain : mendengarkan, berbicara, membaca, menuliskan pendapat/gagasan.
  4. Dapat bekerjasama: sebagai teman yg menyenangkan, sebagai pimpinan yg berempati.
  5. Memiliki kecakapan mengidentifikasi variabel dan hubungan satu dengan lainya.
  6. Memiliki kecakapan merumuskan hipotesis.
  7. Memiliki kecakapan merancang dan melaksanakan penelitian.
  8. Memiliki kecakapan vocasional dasar.
  9. Memiliki kecakapan vokasional khusus.

Profil Lulusan SMK menurut undang-undang Sistem Pendidikan Nasional antara lain beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,demokratis serta bertanggung jawab. Profil Lulusan SMK menurut dunia kerja antara lain disiplin, jujur, kompeten (sesuai SKN, memiliki kompetensi kunci dan kompetensi kerja). 

Profil Lulusan SMK Negeri 1 Wonosobo adalah :

  1. Menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Menjadi tenaga yang cerdas, berkarakter, mandiri, bertanggung jawab, dan profesional sesuai dengan kompetensi keahliannya.
  3. Menjadi warganegara yang cinta tanah air Negara Kesatuan Republik Indonesia dan berjiwa Pancasila dan taat kepada UUD 1945
  4. Menjadi orang yang selalu mengembangkan imu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas baik melalui perguruan tinggi maupun pendidikan nonformal.

Foto Program Keahlian

Prestasi Sekolah

Ekstrakurikuler

Fasilitas

Telephone : (0286) 321219

Fax : (0286) 325073

Alamat : Jl. Bhayangkara No. 12, Wonosobo, Jawa Tengah