Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) adalah sebuah Program Keahlian yang mempelajari dasar – dasar kemampuan dan keilmuan menjadi seorang marketing baik marketing secara konvensional maupun melalui media daring (online/internet). Di Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) ini siswa akan mempelajari strategi pasar, kewirausahaan dan membaca peluang di dunia bisnis.
Sejarah Singkat
Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) merupakan jurusan yang sudah ada sejak SMK Negeri 1 Wonosobo awal berdiri. Jurusan ini bersama dengan jurusan Akuntansi (AK) dan Sekretaris / Administrasi Perkantoran (AP) adalah bagian dari kompetensi yang dibuka saat SMK Negeri 1 Wonosobo masih bernama SMEA Wonosobo.
Setelah beberapa kali terbit kebijakan pemerintah dalam dunia pendidikan serta perubahan-berubahan kurikulum, pada tahun 2019 jurusan Pemasaran / Penjualan berubah nama menjadi Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP).
Tentu saja hal ini dikarenakan kemajuan di bidang teknologi, yang mau tidak mau semua bidang kehidupan ikut berubah. Termasuk bidang pemasaran. Aktifitas pemasaran suatu produk yang tadinya dilakukan secara langsung melalui tatap muka antara penjual dan pembeli beralih menjadi pemasaran dilakukan secara daring (online) dengan memanfaatkan teknologi internet.
Sehubungan dengan kebijakan pemerintah tentang konsentrasi keahlian SMK/ MAK pada Kurikulum Merdeka, yang tertuang dalam Keputusan Nomor 024/H/KR/2022, SMK Negeri 1 Wonosobo membukaan konsentrasi jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) yaitu dengan membuka kelas Bisnis Digital (BD) dan Bisnis Retail (BR).
Sebagai upaya untuk memaksimalkan proses pembelajaran, SMK Negeri 1 Wonosobo bekerjasama dengan dunia usaha/ industri. Dalam hal ini jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) telah melakukan kerjasama dengan PT Rita Pasaraya Wonosobo dan CV. Trio Jaya Wonosobo. Bentuk kerja sama ini adalah penyusunan kurikulum operasional yang berstandar industri dan pembukaan kelas industri.
Kelebihan Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran
1. Peluang Kerja yang Luas
Dengan cakupan ilmu yang luas, peluang kerja untuk lulusan SMK jurusan BDP juga luas. Pasalnya, siswa bisa bekerja di dalam banyak bidang. Siswa bisa bekerja sebagai karyawan di perusahaan, atau bahkan membangun sebuah usaha sendiri.
Hampir di semua perusahaan membutuhkan ahli di bidang marketing dan penjualan. Itulah mengapa keahlian lulusan BDP akan selalu dicari.
2. Dapat Melanjutkan Kuliah
Tidak hanya bekerja dan berwirausaha, lulusan SMK jurusan BDP juga memiliki peluang untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi. Apalagi, banyak jurusan yang linear dengan BDP. Mulai dari Ekonomi Bisnis, Manajemen, Pemasaran dan lain sebagainya.
3. Mendapatkan Kemampuan Komunikasi dan Wirausaha
Lulus dari jurusan BDP juga membuatmu memiliki kemampuan komunikasi dan wirausaha yang mumpuni. Terlebih, di jurusan ini kamu dibekali dengan kemampuan bagaimana membuat produk yang bagus dan bisa diterima di pasar. Ditambah lagi, kamu juga sudah mempelajari bagaimana memasarkan produk tersebut.
Prosepek Kerja
Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) adalah jenis pekerjaan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI Level II jenjang SMK, antara lain:
1. Tenaga Pemasaran (Sales Executive)
Ilmu pemasaran yang sudah kamu kuasai juga bisa membuatmu bekerja sebagai sales executive. Pekerjaan ini diperlukan di setiap perusahaan mengingat setiap bisnis membutuhkan orang-orang yang bekerja di posisi ini untuk memasarkan produk mereka.
2. Pramuniaga
Pramuniaga dapat dipahami sebagai sebuah profesi di bidang pelayanan di sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang perniagaan dengan tugas utamanya yaitu melayani konsumen di tempat tersebut untuk membantu menemukan barang yang dicari.
3. Kasir
Kasir adalah profesi yang bertanggungjawab melayani pembayaran yang dilakukan pelanggan. Setelah itu, ia juga akan melakukan pencatatan barang yang dibeli.
Disebutkan juga bahwa kasir akan selalu berhadapan langsung dengan pembeli, sehingga mereka harus memiliki skill melayani pelanggan dan mengenal produk yang dijual.
4. Pengelola gudang
Pengelola Gudang adalah pihak yang melakukan usaha pergudangan, baik gudang milik sendiri maupun milik orang lain, yang melakukan penyimpanan, pemeliharaan, dan pengawasan barang yang disimpan oleh pemilik barang serta berhak menerbitkan Resi Gudang.
5. Tenaga administrasi penjualan dan pembelian
Tenaga administrasi adalah salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari perusahaan. Pasalnya, posisi ini cukup memegang peranan penting bagi keberlangsungan kegiatan operasional suatu bisnis.
6. Staf keuangan
Staf keuangan adalah salah satu posisi yang paling dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Seorang staf keugangan akan bertanggung jawab untuk menjaga kondisi keuangan perusahaan dengan cara mengelola keuangan dengan tepat.
7. Customer service
Customer service atau layanan pelanggan adalah menyediakan informasi atau layanan terkait barang dan jasa yang diperdagangkan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hal ini juga ditujukan untuk menarik minat calon pembeli. Customer service akan melayani pertanyaan, saran, juga keluhan konsumen kemudian memberikan saran yang sesuai untuk menyelesaikan persoalan konsumen dalam menggunakan produk atau layanan perusahaan.
8. Pengusaha
Dengan ilmu bisnis dan pemasaran yang diperoleh siswa, ia bisa membuka bisnis sendiri dan menjalankannya. Apalagi, siswa sudah tahu bagaimana riset pasar, menyusun strategi pasar, dan membuat produk yang bagus serta memasarkannya.
9. Sosial media marketing
Pesatnya perkembangan teknologi membuat pemasaran beralih ke sosial media. Itulah mengapa profesi ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan.
10. Staf Digital Marketing
Dengan memilih jurusan BDP, kamu juga bisa berkarir di bidang digital marketing. Walaupun sama-sama bekerja di ranah pemasaran digital, tetap terdapat perbedaan antara staf digital marketing dan sosial media marketing.
Menghasilkan Lulusan Yang Beriman, Berkarakter Cerdas, Kompeten, Siap Berwirausaha Dan Cinta Lingkungan